Thursday, December 22, 2011

Anggun Konser Natal di Vatikan

Dokumentasi: @Anggun_Cipta
Untuk ketiga kalinya, Vatikan mengundang Anggun untuk mengisi Concerto di Natale XIX atau Konser Natal yang diselenggarakan tanggal 21 Desember 2011 malam. Menurut jadwal, konser tersebut akan ditayangkan oleh RAI Due TV pada malam Natal 25 Desember pk 01.45 WIB. Anggun menyanyikan single dari album terbarunya 'Only Love' dan berduet dengan Ronan Keating menyanyikan lagu 'Have Yourself a Merry Little Christmas'.

Anggun pertama kali tampil di Vatikan tahun 2000. Saat itu, Anggun adalah penyanyi muslim pertama yang diundang menyanyi di Konser Natal. Sampai saat itu, baru tiga penyanyi/musisi Asia yang pernah tampil di sana, yaitu Wesley Chu (pianis berkewarganegaraan Kanada), Hong Mei Nie (soprano Cina), dan Shonosuke Okura (penyanyi musik tradisional Jepang). Di sana Anggun menyanyikan dua lagu secara solo, yakni 'Have Yourself a Merry Little Christmas' dan 'Still Reminds Me' dari album internasional keduanya Chrysalis.

Anggun dan Ronan Keating (Dok. Franck Zajac)
Pada Desember 2007, Vatikan kembali menyelenggarakan Konser Natal di kota Verona, Italia. Anggun adalah salah satu pengisi acara, membawakan lagu 'Snow on The Sahara'. Anggun kembali menyanyikan 'Have Yourself a Merry Little Christmas', kali ini bersama-sama dengan Michael Bolton, Mario Biondi, dan Ornella Vanoni.

Yang menarik, dalam setiap pengumuman resmi konser-konser itu, Anggun selalu disebut sebagai penyanyi Indonesia. Meskipun kini sudah memeluk kewarganegaraan Prancis, pihak Vatikan dan rakyat Italia telanjur mengenalnya sebagai penyanyi asal Indonesia.
Mengenai Concerto di Natale sendiri, pada mulanya merupakan inisiatif dari Keuskupan Roma untuk mendukung program "50 Gereja untuk Roma tahun 2000" yang membutuhkan biaya sangat besar. Even itu diselenggarakan pertama kali tanggal 23 Desember 1993 di aula Paul VI, Vatican City. Para undangan bukan hanya berasal dari anggota gereja, tapi juga dari kalangan bisnis, filantropi, dan politik yang berperan besar dalam pengumpulan dana. Hingga tahun 2005, Konser Natal selalu diadakan di kota Vatikan.

Kerajaan Monako menawarkan Montecarlo untuk menjadi tuan rumah Konser Natal setahun kemudian, mengingat saat itu Vatikan sedang sibuk dengan kepemimpinan baru setelah meninggalnya Paus Yohanes Paulus II. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dana yang terkumpul tidak lagi dialokasikan untuk pembangunan gereja, melainkan untuk yayasan pejuang hak anak AMADE World, anak-anak korban konflik Darfur (2007), dan anak-anak jalanan Haiti (2008-2010). Dana bantuan itu dialirkan melalui Don Bosco Foundation.

Setelah Montecarlo, berturut-turut Konser Natal diselenggarakan di Verona Italia (2007-2008), Catania Italia (2009), dan Valletta Malta (2010). Tahun ini, Vatican City kembali menjadi tuan rumah.

Anggun dan alm. Paus Yohanes Paulus II, Vatikan, Desember 2000
Konsep musik Concerto di Natale adalah menampilkan musik opera, pop, soul, jazz, world music, dan aliran musik lainnya dengan diiringi orkestra. Para penyanyi akan menyanyikan lagu Natal dan/atau lagunya sendiri, entah secara solo ataupun berkolaborasi dengan penyanyi lain. Semua pengisi acara, sebelum atau sesudah konser, akan diberi kesempatan untuk bertemu dengan Sri Paus. Penyanyi-penyanyi ternama dunia yang pernah tampil di sana diantaranya adalah:

Alejandro Sanz (2000)
Al Jarreau (2010)
Alessandro Safina (2003)
Amy Grant (1999)
Andrea Bocelli (1994)
Bryan Adams (2000)
Charlotte Church (1998)
Dolores O 'Riordan - The Cranberries (2001, 2005, 2006)
Enya (1995)
Jennifer Page (1999)
Jewel (1998)
Josh Groban (2002)
Lionel Richie (1999, 2002)
Lisa Stansfield (2002)
Manhattan Transfer (1998)
Mariah Carey (2002, 2004, 2010)
Michael Bolton (2007)
Mick Hucknall - Simply Red (2004)
Ronan Keating (2003, 2006)
The Gipsy Kings (2006)
Sarah Brightman (1998)
Sarah McLachlan (1994)
The Corrs (2002)
Tom Jones (1999)

Sebagai penganut Katolik, saya merasa terharu bahwa Anggun bersedia tampil mengisi acara Konser Natal, sebagai wujud toleransinya terhadap umat agama lain. Anggun sendiri mengaku pernah disekolahkan di sekolah Katolik di Jakarta, karena orang tuanya ingin dia belajar menghormati keyakinan yang berbeda. Suatu sikap yang dipertahankannya hingga sekarang.

Selamat Natal bagi semua yang merayakan!


Video-video:

Concerto di Natale VIII (2000): Still Reminds Me




Concerto di Natale XV (2007): Snow on The Sahara


Concerto di Natale XV (2007): Have Yourself A Merry Little Christmas
(feat. Michael Bolton, Ornella Vanoni, Mario Biondi)



Concerto di Natale XIX (2011): Only Love



Concerto di Natale XIX (2011): Have Yourself A Merry Little Christmas
(feat. Ronan Keating)





References:
1. http://www.concertodinatale.it/
2. twitter: @Anggun_Cipta
3. Anggunesia.com
4. Youtube.com
5. FB: Franck Zajac

7 comments:

  1. Mba Anggun memang berjiwa N berhati besar, selain Rendah hati tentunya.... Sikapnya layak dijadikan contoh N Teladan hidup, Vatikan mengundang Dia jg bukan karna tidak ada alasanya yg pasti Anggun sendiri sudah sangat melekat di hati masyarakat Italy... Prestasi yg hebat ini jg karna kerja keras dia.
    Ayah Beliau jg Penulis yg menjunjung tinggi toleransi N Profesionalisme wajar low Anggun sendiri mengidolakanya dan sosok Ayah banyak menginspirasi hidupnya.

    BTW.... Anggun pernah bersekolah, disekolahan katolik mana Mba Ika? maaf... saya kurang paham betul biografi hidupnya.
    Ini juga cerita yg menarik menurutku Thanks Mbakyu....

    ReplyDelete
  2. suaranya Anggun dari saya masih kanak2 hingga saat ini masih melekat saja. sulit mengatakan keanggunan suaranya.

    ReplyDelete
  3. Lilis: Anggun dulu skulnya di SD St. Antonius Matraman. Makasih ya udah jadi pembaca dan komentator setia :)

    Terapi Qolbu: Maksudnya kamu udah suka suara Anggun dari kamu kecil? hehe

    ReplyDelete
  4. O.... Di St Antonius ya? bener2 Diakan dulu tinggal dimatraman.
    tentu saja saya akan jadi pembaca setianya panjenengan secara.... juga sih, Ini Blog kan tentang Anggun tak mungkinlah kulewatkan.... Kalo soal komentator ya, mank cuma ini bisaku mau jd penulis ntar amburadul jadi ya jd komentator sajalah.... Klo Mba Ika merasa terharu Anggun bisa mengisi acara tuk natal aku jg merasa senang sebagai seorang muslim yg bs diterima dengan baik dilingkungan kerja yg mayoritas Khatolik. maka sayapun sangat open dalam menyikapi perbedaan keyakinan. Kami justru bahu membahu dalam membangun kerajan Surga hehehe.... Istilahnya begitu kali ye.....!!!

    Oklah... Nexs aku akan kasih kritik yg sifatnya membangun baik wat para pembacanya maupun penulisnya OK. Mbakyu...

    Dan yg terakhir Selamat Natal semoga damai natal hadir ditengah2 keluarga anda.
    Sambutlah sang juru selamat dengan suka cita.

    ReplyDelete
  5. Sedikit Kritik keknya pembaca akan lebih enak klo nyusun nama2 penyanyinya Urut berdasarkan Tahun penampilan ketimbang ABJAD.
    dan klo itu berdasarkan Abjad abis R T S T jadi rada kesono sini.... Tapi tetep bagus semoga ini kritik bisa semakin membangun Tulisan2 Anda. memang sih,,, satu penyanyi pernah tampil beberapa kali dlm thn yg berbeda tapi saya rasa bisa dibuat lebih rapi sehingga pembaca jauh lebih tertarik OK Mbakyu....
    Baik Monggo...........

    ReplyDelete
  6. Lilis: Walau berbeda agama kita sama2 anak Indonesia dan ciptaan Tuhan kan hehe. Tentang nama penyanyi, dibikin seperti itu, karena saya rasa orang lebih tertarik dgn nama2, tanpa peduli kapan tampilnya. Cuma saya tetap tambahkan tahun.

    ReplyDelete
  7. Aku anak Indonesia...
    Anak yang merdeka....
    hehehe..

    Mari kita hidupkan kembali Roh Pancasila.
    Pancasila milik kita.
    Baik baik monggo....

    ReplyDelete