Saturday, January 7, 2012

Gaya Hidup Sehat ala Adventist

Pics: www.newstart.com
 "Orang sering kali mengorbankan kesehatan demi mencari uang. Tapi kemudian, mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan kesehatan."

Itulah ironi yang sering terjadi. Makan fast-food, makan tidak teratur, kurang istirahat, stress, terpapar polusi, kurang berolahraga adalah bagian dari keseharian kita. Sulit menghindari itu semua, karena tuntutan pekerjaan yang sangat menyita waktu. Barulah ketika sakit, kita memperhatikan makanan yang kita makan dan beristirahat lebih lama dari biasanya. Padahal, bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? Untunglah, kini makin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan, mulai rajin makan buah dan sayur, pantang makanan tertentu, ikut fitness, atau bersepeda ke kantor.

Ternyata beberapa agama juga mengatur tentang bagaimana menjaga kesehatan itu. Di agama Islam, nabi Muhammad mengajarkan, "Makanlah jika lapar dan berhentilah sebelum kenyang." Agama Buddha dan Hindu menjadikan meditasi sebagai bagian dari doa dan keseimbangan hidup. Agama Kristen-Advent menganjurkan penerapan gaya hidup NEW START. Lho, apa itu?

NEW START merupakan formula gaya hidup sehat yang memadukan:
N - Nutrition (makanan bergizi)
E - Exercise (olahraga)
W - Water (air)
S - Sunlight (sinar matahari)
T - Temperance (pengendalian diri)
A - Air (udara/oksigen)
R - Rest (tidur/istirahat)
T - Trust in Divine Power (iman dan kepercayaan)

Konon gaya hidup di atas sudah diterapkan dalam gereja Kristen Advent sejak pertengahan abad 19, yang merupakan periode berdirinya gereja tersebut di Amerika Serikat. Mereka menerapkan aturan vegetarianisme, berpantang daging babi, kerang, dan produk hewani lain yang dianggap 'kotor'. Namun sepertinya aturan tersebut tidak mengikat. Berdasarkan survey tahun 2002 oleh Gereja Advent di seluruh dunia, diketahui bahwa 35% Adventist adalah vegetarian. Selain itu, gereja juga menganjurkan jemaatnya untuk tidak minum minuman beralkohol, merokok, narkoba, bahkan ada juga yang menjauhi minuman berkafein.

Sebuah penelitian yang diadakan oleh U.S. National Institutes of Health dan ditampilkan dalam edisi November 2005 National Geographic, menunjukkan bahwa para Adventist di California hidup lebih lama rata-rata 4-10 tahun daripada umur rata-rata orang California. Para penganut Kristen-Advent itu hidup lebih lama karena tidak minum alkohol, tidak merokok, istirahat penuh sekali seminggu, dan mengkonsumsi low-fat vegetarian diet.

Di Amerika Serikat, gaya hidup NEW START menjadi salah satu alternatif pengobatan dan pemulihan. Beberapa pusat kesehatan menggunakan NEW START sebagai landasannya, salah satunya adalah the Weimar Institute of Health and Education di California. Terlepas dari unsur agama, NEW START merupakan cara untuk hidup sehat yang sebenarnya bisa diaplikasikan oleh semua orang.

Mari kita telusuri lebih dalam tentang NEW START, yang bisa kita praktekkan dalam hidup sehari-hari.

Nutrition - Exercise (www.newstart.com)
1. NUTRITION
Agama Kristen-Advent menganjurkan vegetarianisme, karena meyakini bahwa Nabi Adam hingga Nabi Nuh adalah para vegetarian. Karena itulah mereka dapat berumur panjang hingga ratusan tahun, Nabi Adam meninggal di usia 930 tahun dan Nabi Nuh di usia 950 tahun. Namun jika merasa tidak sanggup untuk menjadi vegetarian, kita cukup memperbanyak konsumsi sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan kacang-kacangan, serta mengurangi makanan hewani. Sumber karbohidrat yang disarankan adalah beras merah, roti gandum, sereal, oatmeal, jagung, dan lain-lain. Jenis protein yang diutamakan adalah protein nabati yang diperoleh dari kacang kedelai, kacang hijau, kacang merah, gandum, dan sebagainya.

Disamping bahan makanan, cara mengolah makanan juga perlu diperhatikan. Utamakan untuk merebus atau mengukus, dan jangan terlalu lama agar zat-zat baik dalam makanan itu tidak berkurang. Sebelum mengupas buah, cuci bersih buahnya dari lapisan pestisida. Rendam buah (dan sayuran) dalam campuran air hangat (tidak lebih dari 40 derajat Celsius), perasan jeruk nipis, dan garam dapur selama kira-kira sepuluh menit untuk melarutkan bahan pestisida di permukaannya. Kemudian bilas dalam air mengalir.

Pola makan juga mempengaruhi kesehatan. Makanlah secukupnya dan makanlah pada waktunya. Sebaiknya jangan minum sewaktu dan sesudah makan, karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna dan menyerap sari-sari makanan. Kunyah makanan dengan baik untuk mempermudah kerja lambung.

Sebagai informasi, untuk mendapatkan cemilan sehat ala Adventist seperti kacang-kacangan, biji-bijian, rumput laut, cranberry, dan lain-lain, dapat mengunjungi:
NEWSTART Vegetarian Cafe
Gedung Pertemuan Advent Lt. 1 (Jl. Letjend MT Haryono), Jakarta Capital Region, 12870

2. EXERCISE
Olahraga teratur juga merupakan salah satu syarat untuk menjaga kesehatan. Lakukan olahraga dengan frekuensi 3-5 kali seminggu dengan durasi minimum 30 menit. Olahraga dimulai dengan pemanasan selama 5 menit, diikuti 20 menit latihan inti, diakhiri dengan 5 menit pendinginan.

Olahraga bermanfaat untuk: memperkuat jantung, memperkuat tulang, memperbaiki peredaran darah, meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol jahat (LDL), membakar lemak yang berlebihan, menguatkan paru-paru, serta meningkatkan kualitas tidur.

 
Water - Sunlight (www.newstart.com)
 
3. WATER
Manusia dapat hidup tanpa makanan dalam beberapa minggu, tetapi dalam beberapa hari manusia akan mati tanpa air karena 70% tubuh manusia adalah AIR. Air yang masuk kedalam tubuh manusia harus sama banyak dengan air yang keluar dari dalam tubuh. Berapa banyak air yang dibutuhkan adalah 50-100 mL per kg Berat badan. Jadi, kalau berat badan Anda 50 kg, maka Anda membutuhkan air minimum sebesar = 50kg x 50 mL = 2500 mL atau 2,5 Liter air (sekitar 10 gelas kecil). Selain dari air minum, air juga terkandung dalam buah-buahan dan sayur-sayuran.

Dalam tubuh manusia, air berfungsi untuk metabolisme, pernapasan (air mengandung oksigen), mencegah terjadinya gesekan sel, mengangkut zat-zat gizi ke sel-sel tubuh, dan membersihkan sisa-sisa pembuangan. Selain untuk dikonsumsi, air juga sarana untuk membersihkan dan menyegarkan diri (mandi).

4. SUNLIGHT

Waktu yang terbaik untuk mendapatkan sinar matahari adalah sebelum jam 9 pagi atau sesudah jam 3 sore. Berjemurlah sekitar 15 menit dalam satu hari. Bagi tubuh manusia, sinar mentari berfungsi untuk membunuh kuman (TBC, Pneumonia, demam, kusta), mensintesis vitamin D, menurunkan kolesterol di bawah kulit, meningkatkan endorphin yang menghasilkan rasa relaks dan nyaman, meningkatkan kekebalan tubuh, bersama diet dan olahraga dapat menurunkan gula darah. Karena itu sebaiknya olahraga dilakukan di luar ruangan di pagi hari atau sore hari.

5. TEMPERANCE

Temperance disini maksudnya adalah pengendalian diri terhadap hal-hal negatif yang disukai dan menimbulkan ketergantungan, seperti: minuman (alkohol, soda, kopi), makanan (secara berlebihan), rokok, seks, pekerjaan (gila kerja), olahraga (berlebihan, otot pun butuh waktu untuk beristirahat), watak (emosional), dan narkoba. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

 
Air - Rest (www.newstart.com)
 6. AIR
Manusia dapat hidup beberapa minggu tanpa makanan, beberapa hari tanpa air, tetapi tidak dapat hidup tanpa udara. Kekurangan oksigen dapat menyebabkan: aktivitas mental berkurang, pusing kepala, halusinasi, kerusakan sel-sel otak, mengurangi vitalitas hidup, metabolisme menurun, lekas lelah dan lesu, dan anemia.

Tips untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Di pagi hari, di udara terbuka atau di dekat tanaman, rentangkan tangan lebar-lebar sambil menghirup udara dalam-dalam melalui hidung. Lalu keluarkan udara secara perlahan melalui mulut. Lakukan beberapa kali.

7. REST
Early to bed and early to rise. Tubuh dan pikiran membutuhkan istirahat untuk memulihkan, memperbaharui, dan mengembangkan sel-sel tubuh. Seorang bayi memerlukan waktu tidur sebanyak 16-20 jam per hari. Anak-anak memerlukan waktu 10-12 jam untuk istirahat. Orang dewasa memerlukan waktu sebanyak 7-8 jam per hari.

Ada 2 jenis tidur, yakni: Tidur Disinkronisasi (Rapid Eye Movement-REM) dan Tidur Sinkronisasi (Non Rapid Eye Movement-NREM). Tidur Disinkronisasi adalah tidur ringan, 20% dari tidur seluruhnya, ditandai dengan bola mata bergerak-gerak dan ada pula gerakan-gerakan otot.  Biasanya dalam keadaan ini seseorang sedang bermimpi. Tidur Sinkronisasi ialah tidur yang lelap, otot relaks, dan temperatur tubuh turun. Tentu saja yang terbaik adalah tidur yang lelap. Namun, tidur ringan di sela-sela kesibukan juga bermanfaat untuk memulihkan kondisi tubuh dan pikiran.

8. TRUST IN DIVINE POWER
Stres dan depresi sangat mempengaruhi kondisi tubuh secara fisik, diantaranya adalah sulit tidur, asam lambung meningkat, metabolisme terganggu. Salah satu metode untuk mengatasi stres adalah berdoa. Doa selain untuk berkomunikasi dengan Sang Pencipta, sebenarnya juga dapat membantu kita untuk memfokuskan pikiran pada doa atau ayat-ayat suci yang kita panjatkan. Dengan demikian terjadi pengalihan pikiran dari ruwetnya masalah yang membelit kita. Setelah berdoa, biasanya pikiran menjadi lebih tenang dan lebih jernih.

Doa juga membantu kita untuk selalu berpikir positif, gembira, dan bersyukur. Di dalam jiwa (pikiran) yang sehat, terdapat tubuh yang sehat pula.


Yuk kita praktekkan langkah-langkah sederhana di atas!



Credits:
Sumber info: Jurian Kaunang, Hengky Pattyranie, Indra Rantung
@Rotary_Batavia

Links:

en.wikipedia.org/wiki/Seventh-day_Adventist_Church
http://www.newstart.com/
http://newstartclub.com/

15 comments:

  1. terima kasih infonya sob, bisa untuk materi besok nih, ijin ctrl D ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa dulunya saya ini cuma seorang.
      penjual es kuter kelilin tiap malam. pendapatannya tidak seberapa dan.
      tidak pernah cukup dalam kebutuhan keluarga saya,, suatu hari saya dapat.
      informasi dari teman bahwa MBAH SUJARWO bisa memberikan angka ritual/goib.100% tembus.
      akhirnya saya ikuti 4D nya dan alhamdulillah memanG bener-bener terbukti tembus.
      saya sangat berterimakasih banyak kpd MBAH SUJARWO.atas bantuan MBAH saya sekarang.
      sudah bisa mencukupi kebutuhan keluarga saya bahkan saya juga sudah buka.
      usaha matrial dan butik pakaian muslim.
      Jika anda mau buktikan
      silahkan bergabun sama Mbah Sujarwo
      Di:http://sitogelsgp.blogspot.com Atau No: tlp.0823-2424-4298
      Saya sudah buktikan benar2 tembus 3x permainan....!!!

      Delete
  2. Sama2. Monggo, dipakai saja asal sebut sumbernya ya ;) Btw ctrl D itu apa ya?

    ReplyDelete
  3. Jeahh... Luar biasa pengetahuan Sampean tentang Agama lumayan Ok lho... Betul banget Baginda Nabi pernah bersabda Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. tapi... entah knapa benarkah atau saya aja yg kurang tau kebanyakan umat kristiani menerapkan hal itu hanya semasa Pra paskah aja. kuramg lebih 1.bulan menjelang paskah setelah itu Lepas kontrol lg. itu yg sering saya lihat.

    tapi jujur ini bagus wat diterapkan dlm kehidupan sehari hari. Yuk... mulai mengikuti dan menerapkan gaya hidup sehat ini.
    Bisa ga yach..? Harus bisa.!
    ok teruslah mencari inspirasi dan bagikan pada kami. PROFISIAT Mbakyu... taukan apa itu profisiat. Baik Monggo...

    ReplyDelete
  4. Lilis: Masa pra-Paskah dilakukan oleh umat Katolik sebulan sebelum Paskah, sama halnya dgn bulan Ramadhan bagi saudara muslim. Pelaksanaannya adalah dgn berpantang makanan/minuman kesukaan: misalnya rokok, kopi, soda, daging,coklat. Ada juga puasa yang caranya adalah makan kenyang sekali sehari, waktunya bebas, pagi, siang, sore atau malam. Tapi puasa ini gak mengikat.

    Saya pernah dengar profisiat, tapi gak tahu artinya :D

    ReplyDelete
  5. Iya ya bener berpantang. e... Masa Advent bukanya 1.bulan menjelang Natal.
    Soal foto bener deh Mbakyu Foto yg ini Kurang mewakili Profil sebagai seorang penulis Kurang berkarakterlah... Entahlah,, apa karna saya yg kurang suka aja atau emang aku yg ga ngerti seni. Masukan aja Coba pasang Foto yg tdk melihat ke arah kamera biar tidak mengesankan mo exis N Narsis hehehe... Ini masukan aja lho... bukan berarti jelek ne foto Cantik sich... tapi karakternya kurang Dalam.
    Ya ga harus tulisan aja kan yg boleh dikomentarin.

    Ojo nesu yo Mbakyu..? Nek nesu wegah mampir engko aku. hahahahaha.. Ok.lah PROFISIAT.!

    ReplyDelete
  6. Lilis: Masa Advent itu memang 1 bulan menjelang Natal. Berbeda dgn masa Pra-Paskah. Puasa dan pantang dilakukan pada masa Pra-Paskah. Soal foto, saya lagi suka yg ini sekarang :)

    ReplyDelete
  7. Wahhhh...gw tiba2 jadi nge-fans sama lo ka...hihihihi.....

    ReplyDelete
  8. NEWSTART - - Pertanyaanya adalah apakah semua orang advent sudah pasti menerapkannya?

    hehee... saya rindu sekali NEWSTART berjemaah tapi karena satu dan lain hal akhirnya sendiri bagi yang minat silahkan message ke fb saya di https://www.facebook.com/jevlitian salam kenal ;) friends.

    ReplyDelete
  9. Setiap orang hampir ingin mempunyai hidup yang sehat dan bebas dari penyakit, tetapi hanya sebagian yang memperjuangkan untuk melakukan konsisten dalam menjaga kesehatan.

    Jaga pola makan dan olahraga secara tratur, bila dilakukan secara rutin, maka hidup sehat bisa diraih.

    ReplyDelete
  10. Memang org advent tidak semua menjalankan seperti dia atas krn itu kesadaran masing" , tpi di advent minuman beralkhol , rokok , daging babi , seafood itu haram buat di komsumsi
    Krn dlm ajaran advent merusak tubuh berarti merusak kaabah Allah ...

    ReplyDelete